Klik Saja …

Assalamu ‘alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah, Ramadhan bulan penuh berkah. Berbagai upaya dilakukan seorang mukmin untuk mendulang pahala sebanyak mungkin di bulan yang mulia itu. Namun dengan keterbatasannya, tentu seorang manusia tidak akan dapat melaksanakan seluruh ketaatan tersebut secara sempurna. Tetapi itu tentu tidak menghalanginya untuk terus berusaha dapat maksimal dan lebih baik, sesuai dengan kesanggupan mereka masing-masing.

Diantara upaya tersebut adalah berbagi pengetahuan seputar masalah-masalah agama. Maka berikut ini adalah update dari catatan-catatan pelajaran dan pengulangan kami. Tiada niatan dari publikasi catatan-catatan ini selain sebagai upaya mudaarasah (saling dan sama-sama kembali mengulang pelajaran).

Menyadari tujuan tersebut, maka tentu banyak kekurangan dan mungkin juga kesalahan dari catatan-catatan yang ada. Olehnya, bagi saudara-saudaraku yang memiliki tanggapan, masukan, pertanyaan dan komentar apa aja yang berkenaan dengan materi-materi yang disampaikan, dapat melayangkannya ke nomor whatsapp kami +62 857 1083 1940

syukran wal hamdulillah

Hari-hari akhir Ramadhan, 1436 H

(Abu Jola)

Ushul Fiqhi

Defenisi Ushul Fiqhi (1)

باب القياس_1

باب القياس_2

باب القياس_3

بعض المراجع الهامة في المقرر

القياس_5و4&6

باب القياس_7

باب القياس_8

Lain-Lain

Asyuuraa’

Al ‘Isyq

Islam dan Hakikat Kemenangan

Islam Agama Universal

Hindari Perusak-Perusak Akidah

Hakikat Nasehat

Al Islam dan Sikap Loyal Kepada Orang-Orang Kafir

Agama Adalah Nasehat

Kiat Khusyu Dalam Shalat

Jangan Syarikatkan Allah

Meniti Jalan Yang Lurus

Sambut Ramadhan Dengan Cahaya Ilahi

Manhaj Ahlus Sunnah Dalam Menilai dan Mengkritik

Diantara Pesona Islam

MMQ_1

Niat dan Beberapa Hukumnya

Menjelang Kepergiannya

Wanita dan Aktivitas Luar Rumah

Ahli Sunnah, Mari Bersatu

Sebuah Renungan

Kemuliaan itu hanya milik Allah

Tanda tanya

Sambut Ramadhan

Kerjakanlah secara ikhlas dan tepat

Lailatul qadr

Masalah-masalah diluar wilayah akal

Istidraaj

Mengapa al Quran dan Sunnah ?


Tanya Jawab

Shalat sunnah secara berjama’ah

Jarak Perjalanan Yang Dikategorikan Safar

Jangan menyuruh seorang yang tengah sekarat untuk kembali mengucapkan syahadat !

Berhati-hatilah dengan fatwa menyesatkan
Haram Memakan Harta Orang Lain Secara Dzhalim

Membom Gereja

Doa adalah ibadah

Sunnah Adat

Berthawaf di kuburan

Apakah syirik kecil lebih besar tingkatan dosanya daripada dosa besar ?
Quis TV dan SMS Berhadiah, judikah

Jangan lalaikan qadha Ramadhanmu !

Tidak senang jika suami berpoligami

Apakah “Thaha” dan “Yaasin” adalah dua diantara nama-nama Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ?

Mendulang pahala di bulan sabar

Bahasa Arab

Bahasa Arab

Bahasa Arab_Kelas1_Bag2

Bahasa Arab_kls 2_bag. 1

Bahasa Arab_kls2_bag2

Tafsir

Tafsir Surah al Faatihah

Tafsir al Baqarah 1

alBaqarah;2

al Baqarah; 3 (bagian 1)

al Baqarah; 3 (bag.2)

al Baqarah; 3 (bag.3)

tafsir al Baqarah 30-39

Tafsir al Baqarah 159-162

Surah al Ashr

Penjelasan Ayat Puasa, al Baqarah; 184

Penjelasan Ayat Puasa, al Baqarah; 183 revisi

Penjelasan ayat puasa, al Baqarah; 185

Penjelasan ayat puasa, al Baqarah; 186

Sepuluh  Wasiat   Ilaahi, al an’aam 151-153

Perbedaan antara “ar Rahmaan” dan “ar Rahiim”

“alhamdulillah” di surah al Faatihah

Pelajaaran Quraniyyah 1

Taghaabun 14-15

Ringkasan ayat puasa

Fiqhi

Muqaddimah Fiqhi Ibadah

Hukum Gambar

Fiqhi Salam

Fiqhi Undangan dan Walimah

Hukum Ikhtilath dalam dunia pendidikan

Polemik Wanita Hamil & Menyusui  Di Bulan Ramadhan

Fiqhi Qurban
Thaharah Syarat Sahnya Shalat

Ancaman Bagi Yang Melalaikan Anggota Wudhu Ketika Berwudhu

Berkumur-Kumur dan Memasukkan AirKe dalam Hidung Ketika Wudhu

Istijmar

Jangan Kotori Air Wudhu Anda

Jual beli sistim angsuran

wanita hami, haidkah ??!

تساؤلات حول حديث أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: “إذا سمع أحدكم النداءَ والإناءُ على يده، فلا يضعه  حتى يقضيَ حاجته منه

ru’yah hilal, permudah dan jangan persulit

Lagu dan Musik

Zakat Fithri

Hukum-hukum seputar zakat (1)

Shalat dua hari raya

Beberapa Kekeliruan Ketika Ramadhan

Zakat Profesi

Ringkasan Hukum I’tikaf

16 thoughts on “Klik Saja …

  1. Assalamu ‘alaikum warahmatullah, semoga dengan kehadiran blog ini menjadi wasilah dalam menyebarkan islam ‘ala manhaji as salaf, Aamiin, barakallahu fiikum ustadz…

  2. ahmad berkata:

    Salamullahi “alaikum warahmatullah, Semoga dengan blog ini dapat memberi pencerahan ilmu dan penyebaran islam ‘ala manhaj sohih. Barakallahu fikum ya ustadzy al fadhil…

      • abujola berkata:

        bisa insya Allah. Cara downloadnya klo yg muncul adalah linkx http://www.2shared.com;
        1. Copy seluruh alamatnya
        2. Buka halamannya
        3. Klo tampilan halamannya udah nongol, lihat bagian bawah sekali
        4. Cari tulisan “click here”
        5. Udah dapat silahkan di klik
        6. Jgn beranjak dulu … jangan lupa doanya yah …
        7. Syukran

  3. assalaamu alaikum, kaifa haalukum ya ustaadzy, la’allakum bikhair. alhamdulillah semoga blog ini menjadi media ilmu syar’i buat umat khusus jg buat ana tuk berdakwah di kota bau-bau. afwan ustadz, ana sekarang mau buka kelas baru kursus bahasa arab di baubau, tolong ustadz beri saran. cara mengajar, bahan ajar. masa belajar 2 semester(1tahun) kurikulum dapat ustadz komentari di http://bookletshohiby.blogspot.com/

  4. ust, ana hasan el bugisy di baubau mau ambil faidah buat kursus bhs arab di baubau. ana butuh modul u/shorof n nahwu. shorof n nahwu ini dipelajari selama 1 smester. smester ke dua qira’ah n ta’biir.
    alhamdulillah, lembaga kursus yg ana kelola sdh mau dikeluarkan izinnya oleh diknas. tp, tuntutan kwalitas jd tantangan kdepan. ana butuh bahan ajar yg paten.

  5. Ibnu Kasmo Maspeke berkata:

    Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh…..
    Baarakallahu fiikum ya Ustaadzi al-mahbuub….
    semoga ana bisa mengambil manfaat yang banyak dari blognya Ustadzku ini…

    oya ustadz… mohon pembahasan mengenai transaksi kredit yang berlaku sekarang ini, seperti kredit BTN, Mobil, dan Motor. ( kredit sepeda jg kalo ada ^_^ bainal qausain mizaah ya ustadzi )

    • abujola berkata:

      klo yg bainal qausain itu, ana tunggu aja kontribusi tulisan dr antum … he he he, gimana kbrnya si Briptu … salam yah klo ketemu …

      • Hamdi Maspeke berkata:

        Tadz…. kalo mo tau tulisan terbaru antum dimane…. ? ko’ kaga ade di mari… ? ( maklum tadz,,,, gaptek.. heheheh ),,, oye,, si Briptu noh dah jadi kaye,, gampang banget ye die orang jadi kaye,,,,,🙂.
        Tadz,, jangan lupe ye,, tulisannye tentang transaksi kredit ntuh… ye tadz ye,,,, makasih Tadz sebelumnye…. oye,, ade salam nih buat Mpok katanye….

  6. jori ondoro berkata:

    mohon jawab ya.Aku ikut suatu jamaah islam yang setiap pengajiannya ada nasehat agar selalu menepati Qur’an Hadist jamaah suatu saat mati pasti masuk surga jangan sampai murtad keluar dari jamaah karena mati pasti masuk neraka dan diharamkan belajar,membaca,mendengar dari luar jamaah karena nanti terpengaruh.dan islam tidak sah tanpa baiat jadi diluar dia tidak ada yang sah islamnya.jadi tidak ada jalan ke surga diluar dia.dengan prinsip fathonah bithonah maka tak seorang diluar jamaah yang mengetahui model ajarannya.termasuk MUI. bolehkah aku mengetahui tanggapan anda karena aku ingin keluar dari situ dengan dialog bila aku dinasehati dari imamnya aku ada sanggahan yang baik Trims

    • abujola berkata:

      Salah satu ciri islam yang benar adalah kesesuaiannya dengan al quran dan sunnah atas dasar pemahaman para ulama salaf. Maka adakah ajaran yang anda terima itu bersesuaian dengan pemahaman Islam yang dianut oleh para sahabat ?, atau bersesuaian dengan pemahaman Islam yang dianut oleh para ulama yang senantiasa komitmen dengan pemahaman Islam para sahabat, seperti imam Abu Hanifah, imam Malik, imam Syafi’ie, imam Ahmad dan imam-imam yang lainnya ?

      Yang lainnya, bahwa Islam mengajarkan keterbukaan dan tidak membatasi diri dengan kelompok tertentu saja. Olehnya jika ada kelompok yang membatasi anggotanya dalam menimba ilmu agama atau dalam berorganisasi hanya pada kelompoknya saja, maka -tentu- ini adalah satu indikasi jelas akan adanya penyimpangan dalam kelompok tersebut. wallhu a’lam

      u diskusi selanjutnya bisa via email aja ; muhammadirfanzain@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s